Perjuangan mengibarkan Merah Putih di Lutetia Parisiorum

oleh Wahyu Putro A.

Suasana haru bercampur bangga ketika menyaksikan Bendera Merah Putih berkibar diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya di kota Lutetia Parisiorum atau lebih dikenal dengan kota Paris. Momen-momen bersejarah itu tercipta setelah para pahlawan olahraga Indonesia berhasil meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

 

Perjalanan Tim Olimpiade Indonesia dimulai dari Sungai Seine yang membelah kota itu. Dengan mengenakan beskap denim untuk laki-laki dan kebaya kutu baru berwarna merah untuk perempuan, atlet dan ofisial Indonesia menampilkan budaya khas Indonesia. Mereka turut dalam defile menyusuri sungai sepanjang 6 km melewati ikon-ikon kota Paris yang berakhir di Trocadero berlatar belakang menara Eifel.

Kontingen Indonesia mengikuti defile dengan menaiki kapal menyusuri sungai Seine saat pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi (kanan) dibantu pelatih Eva Novalina saat mendarat pada nomor palang bertingkat kualifikasi senam artistik putri subdivision 1 Olimpiade Paris 2024 di Bercy Arena.

 

Di Olimpiade Paris 2024, tim Indonesia juga kali pertama menyertakan cabang olahraga senam yang diwakili oleh Rifda Irfanaluthfi untuk bertanding di event terbesar empat tahunan sejagat itu. Rifda yang tampil di nomor senam artistik all around putri hanya menjalani satu aksi dengan balutan perban di kaki kanan dengan menahan sakit akibat cedera, yakni di palang bertingkat dari tiga alat yang dipertandingkan.

 

Perenang putra Indonesia Joe Kurniawan memacu kecepatan saat mengikuti kualifikasi renang nomor 100 m gaya kupu-kupu putra Olimpiade Paris 2024 di Paris La Defense Arena.

Pemanah putri Indonesia Syifa Nur Afifah Kamal (kiri), Diananda Choirunisa (kedua kiri) dan Rezza Octavia (kedua kanan) mengambil anak panah saat mengikuti babak kualifikasi panahan nomor perorangan putri Olimpiade Paris 2024 di Esplanade des Invalides.

Sementara itu, Joe Adi Kurniawan yang lolos cabang renang dari wild card, beraksi pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra. Pada kualifikasi tersebut Joe Kurniawan mencatatkan waktu 53,95 detik. 

 

Perjuangan selanjutnya di cabang olahraga panahan. Srikandi Indonesia yang terdiri dari Diananda Choirunisa, Syifa Nur Afifah Kamal dan Rezza Octavia bertanding dengan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Posisi terbaik diraih oleh Diananda Choirunisa yang mampu hingga di perempat final panahan perorangan putri.

Suasana pertandingan perempat final bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 antara ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian melawan ganda putra China Liang Wei Keng/Wang Chang di Porte De La Chapella Arena.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok ke pebulu tangkis India Lakshya Sen pada babak penyisihan grup L Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena.

 

Selain itu, bulu tangkis yang populer di Indonesia dengan diperkuat oleh Jonathan Christie, Antony Ginting hingga Gregoria Mariska Tunjung juga unjuk kemampuan di sana. Akhirnya Gregoria yang akrab dipanggil Jorji berhasil mempersembahkan medali perunggu yaitu medali pertama bagi Indonesia sehingga Bendera Merah Putih pun berkibar di Paris.

 

Atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo (kanan) mencatatkan waktu tercepat saat menghadapi atlet China Wu Peng pada final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung memegang lambang Garuda usai menang melawan pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon pada babak perempat final bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena.

Tiga hari setelahnya bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dalam satu hari, dimana atlet Veddriq Leonardo menjadi yang terbaik pada cabang speed climbing dengan catatan waktu 4,75 detik, atau selisih 0,02 detik dari atlet China Wu Peng.

 

Malam harinya, Rizki Juniansyah yang turun dalam pertandingan angkat besi kelas 73 kg mampu mengikuti jejak Veddriq mempersembahkan medali emas. Ketika dia berhasil menyelesaikan angkatan clean and jerk dengan sempurna, dia pun tampak menangis. 

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah menangis usai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena.

Foto kolase pebulu tangkis putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung (kiri), lifter putra Rizki Juniansyah (tengah) dan atlet panjat tebing putra memperlihatkan medali perunggu dan emas saat Olimpiade Paris 2024.

Rizki menorehkan total angkatan 354 kilogram sehingga menduduki peringkat pertama dari 12 lifter yang turut serta dalam nomor tersebut. Medali emas yang berhasil diraihnya menutup perolehan medali bagi tim Indonesia di arena Olimpiade.  

 

Saat penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stadion Stade de France, Rizki juga dipercaya membawa Bendera Merah Putih.


Suporter Indonesia mendukung pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melawan pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon pada babak perempat final bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena.

Bendera Merah Putih berkibar saat penganugerahan medali emas yang diraih atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo pada nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue.

Suasana pesta kembang api saat upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stadion Stade de France.

Foto dan Teks oleh Wahyu Putro A.

Editor : Nyoman Budhiana.

Licencia

Elige la licencia que se adapte a tus necesidades
$ 200
Foto Historia Regular Licencia
Editorial y Online, 1024 px, 1 dominio
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing