SAAT AYAM JAGO MENJAGA KAMPUNG DARI VIRUS CORONA

Nova Wahyudi

Dua pria berompi merah nampak sibuk berkeliling kampung di jalan Kapten Abdulah, Lorong Mari RT 02 RW 01, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan. Pundak mereka menggendong mesin pompa kotak yang berisi cairan desinfektan. Sesekali tuas yang ada dibagian kanan mesin terus diayun naik turun agar cairan yang keluar menjadi embun.

Mereka adalah relawan penanggulangan COVID-19 yang menamakan dirinya "Satgas Ayam Jago" (payo samo-samo jago tetanggo atau ayo bersama-sama saling menjaga tetangga). Dengan mengenakan atribut lengkap seperti masker dan pelindung wajah (face shield), mereka menjelajahi sudut rumah warga dan lorong-lorong untuk menyemprotkan disinfektan. Mereka juga membagikan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan melakukan pendataan kesehatan warga.

Penyemprotan dilakukan sebanyak empat kali dalam sepekan yang dilaksanakan pagi hari pukul 08:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB. ÒTak ada honor, kami kerja ikhlas agar masyarakat tetap sehat", ujar Gilang, salah satu anggota Satgas Ayam Jago. Satgas Ayam Jago yang beranggotakan 21 orang ini merupakan gugus tugas terdepan di tingkat RW dan RT yang dibentuk melalui kerja sama salah satu BUMN dengan pihak Kelurahan Talangbubuk. Satgas ini melibatkan seluruh elemen masyarakat sekitar dengan tujuan untuk menanggulangi wabah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pengendara roda dua melintas di depan gapura kampung tangkal COVID-19 di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas "Ayam Jago" berpose usai menyemprotkan cairan disinfektan di halaman rumah warga kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas Ayam Jago memiliki empat tugas yaitu pendataan kesehatan masyarakat, memberikan penyuluhan dan sosialisasi terkait protokol kesehatan COVID-19. Kemudian melakukan penyemprotan dan pembuatan hand sanitizer, face shield, masker dan tempat cucui tangan (wastafel) portable. Sampai saat ini, ratusan botol hand sanitizer serta puluhan wastafel portabel telah diproduksi dan terdistribusi ke warga.

Satgas "Ayam Jago" Heru (kiri) dan Gilang (kanan) berpose sebelum membagikan hand sanitizer secara gratis kepada warga di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas "Ayam Jago" memasang pelindung wajah sebelum membagikan hand sanitizer secara gratis kepada warga di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas "Ayam Jago" melihat catatan pembuatan hand sanitizer di Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas "Ayam Jago" membagikan hand sanitizer secara gratis kepada warga Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Wastafel portable yang ada di kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari, Talang Bubuk, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Satgas "Ayam Jago" menyemprotkan cairan disinfektan di halaman rumah warga kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari.

Satgas "Ayam Jago" membuat face shield/pelindung wajah di kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari, Talang Bubuk, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Seorang bocah bermain di kampung tangkal COVID-19 Lorong Mari, Talang Bubuk, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

Foto dan Teks : Nova Wahyudi

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing