MENGENAL REMBRANDT, PELUKIS MASYHUR DARI BELANDA

; Hermanus Prihatna

Rembrandt Harmenszoon van Rijn, kelahiran Leiden (15 Juli 1606 - 4 Oktober 1669), adalah seorang juru gambar, pelukis, dan juru cetak asal Belanda.

Tempat kelahirannya di Leiden dinamakan Rembrantplaats dan di sana didirikan monumen dengan bentuk patung Rembrant kecil dan lukisan perunggu sebagai penghargaan karena ia telah menjadi salah satu pelukis besar di Eropa.

Sebagai seorang master yang inovatif dan produktif dalam tiga media, ia dilabeli seniman visual terbesar dan paling penting dalam sejarah seni Belanda.

Pengunjung memperhatikan lukisan karya Rembrandt van Rijn berjudul ÒNachwatchÓ (Jaga Malam) di Rijk Museum, Amsterdam, Belanda

Rembrant muda yang melihat portrait Rembrandt dari perunggu karya seniman Jerman Stephen Balkenhol (1957) yang ia buat saat merayakan peringatan 400 tahun kelahiran Rembrandt, di Rembrandtplaats, Leiden, Belanda.

Karya-karya Rembrandt menggambarkan berbagai gaya dan subjek, dari portrait dan self portrait, lanskap, adegan bergenre, adegan alegoris dan historis, tema alkitabiah dan mitologis serta studi hewan.

Rembrandt tidak pernah ke luar negeri, tetapi ia sangat dipengaruhi oleh karya para master Italia dan seniman Belanda yang pernah belajar di Italia, seperti Pieter Lastman, Utrecht Caravaggists, Flemish Baroque, dan Peter Paul Rubens.

Salah satu karya Rembrandt yang paling terkenal di dunia adalah “De Nachtwacht” (Jaga Malam), lukisan yang ia selesaikan pada 1642, pesanan dari Wali Kota Amsterdam sekaligus penjaga sipil Amsterdam, Frans Bannninck Cocq.

Patung Rembrandt terletak di salah satu sudut kota Leiden, Belanda.

Seorang pengendara motor melintas di depan rumah tempat kelahiran pelukis Rembrandt van Rijn, di Rembrandtplaats, Leiden.

Lukisan dengan lebar 4,5 meter dan tinggi mencapai empat meter dengan berat sekitar 337 kg itu kemudian dikenal sebagai salah satu karya paling ambisius dan magnum opus dari Rembrandt. Untuk lukisan itu Rembrandt diganjar sebesar 1.600 gulden, jumlah yang besar untuk ukuran saat itu.

De Nachtwacht secara sederhana menampilkan pentolan milisi Amsterdam, Kapten Frans Banninck Cocq dan Letnan Willem van Ruytenburch dalam sorotan utama yang mengenakan selempang merah dan topi kuning.

Lukisan Rembrandt tersebut dikenal dengan gayanya yang disebut ‘Chiaroscuro’ (kontras antara gelap dan terang), sebelumnya pernah direstorasi 40 tahun silam sejak dirusak oleh seseorang dengan menggunakan pisau.

Dua pengunjjung melepas lelah di kawasan Rembrandtplaats, tempat kelahiran pelukis Belanda Rembrandt van Rijn, di Leiden.

Pengunjung memperhatikan lukisan karya Rembrandt van Rijn berjudul “Nachwatch” (Jaga Malam) di Rijk Museum, Amsterdam, Belanda.

Salah satu karya Rembrandt yang banyak penafsiran adalah lukisan dengan judul “The Jewish Bride”. Ada pendapat lukisan ini menggambarkan pengantin perempuan dan ayahnya, sementara versi lain menyebut lukisan itu menggambarkan anaknya Titus dan isterinya Magdalena yang digambarkan pada kanvas.

Ada juga versi yang mengatakan bahwa plot kanvas lukisan itu berdasarkan gambar kolektif pasangan alkitabiah yang terkenal - Yehuda dan Tamar, Ishak dan Rebecca.

Selain kedua lukisan terkenalnya itu, Rembrandt juga menghasilkan lukisan portrait dan lebih dari 40 karya self portrait, salah satunya adalah “Self Portrait as the Apostle Paul” pada 1661, adaptasi dari alkitab yang menggambarkan dirinya sebagai Rasul Paulus.

Pengunjung memperhatikan lukisan karya pelukis Belanda Rembrandt van Rijn yang berjudul Isaac and Rebecca (Jewish Bride), di Rijk Museum, Amsterdam, Belanda.

Pengunjung memperhatikan lukisan karya pelukis Belanda Rembrandt van Rijn yang berjudul “Self Portrait as the Apostle Paul” 1661, di Rijk Museum Amsterdam.

Dari Leiden, Rembrant melanjutkan kariernya di Amsterdam dan meninggal dunia pada 4 Oktober 1669 di Amsterdam. Jenazahnya dikubur tanpa tanda atau upacara apapun di Westerkerk.