MENJADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN DI PERAIRAN

Novrian Arbi

Julukan pahlawan kemanusiaan di garda terdepan selayaknya bisa disematkan bagi para relawan kebencanaan atau biasa disebut Relawan SAR Gabungan. Mereka adalah insan yang muncul dari komunitas pecinta alam, organisasi kemanusiaan hingga karang taruna yang memiliki niat yang tulus tanpa pamrih dan semangat tinggi dalam menolong korban bencana dari Sabang hingga Merauke.

Jika memutar kembali kejadian pada awal tahun 2021 di Indonesia, sejumlah bencana kerap terjadi di tengah perjuangan mengatasi pandemi COVID-19. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bencana hidrometeorologi yakni banjir, paling sering terjadi sepanjang Januari-April 2021 yaitu sebanyak 501 kali.

Frekusensi bencana yang relatif sering terutama bencana banjir di wilayah Indonesia, membuat para relawan merasa perlu meningkatkan kemampuan diri. Pelatihan dan pembekalan dalam tanggap bencana dan evakuasi korban menjadi langkah guna bersikap taktis dan efektif serta mengurangi potensi kesalahan-kesalahan yang merugikan.

Relawan SAR Gabungan berbaris sebelum mengikuti Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Instruktur tanggap kebencanaan Yos Djolong memberikan materi kepada Relawan SAR Gabungan saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Setali tiga uang, Speed Response Team melalui donasi CSR SAB Indo Industries pun mewujudkan peningkatan kapasitas diri bagi relawan. Sebanyak 50 orang peserta dari berbagai komunitas, organisasi hingga karang taruna yang ada di Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta hingga Cimahi difasilitasi dan diedukasi dalam pelatihan dan pembekalan Tanggap Bencana di kawasan Perairan. Pelatihan yang bertempat di area Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat tersebut diadakan selama dua hari satu malam pada 10-11 April 2011.

Tiga instruktur kebencanaan kawasan perairan diturunkan yakni Yos Djolong, AR Latue dan Rasmono. Ketiganya juga merupakan pegajar dan personel di Pusdikpassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ketiga instruktur yang murah senyum tersebut secara ikhlas memberikan ilmu di luar rutinitas kesatuan tugas guna menjadikan relawan yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas.

Pelatihan yang diberikan misalnya terkait penggunaan perahu dayung, penggunaan perahu mesin (LCR) hingga teknik evakuasi serta pertolongan pertama pada korban tenggelam di kawasan perairan khususnya bencana banjir dan sesi praktik di Waduk Jatilihur.

Sejumlah bendera penanda disiapkan sebelum pelaksanaan Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Instruktur Kebencanaan Yos Djolong (kanan) memberikan materi kepada Relawan SAR Gabungan saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Selain guna meningkatkan kemampuan diri, pelatihan dan pembekalan tanggap bencana di kawasan perairan tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahim bagi para relawan. Mereka datang, bertemu dan belajar bersama karena disatukan alasan yang sama berbuat kebaikan bagi sesama. Panjang umur kebaikan, panjang umur relawan kemanusiaan.

Sejumlah perlengkapan keselamatan disiapkan saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan mengangkat perahu karet secara bersama-sama saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan melakukan simulasi evakuasi korban tenggelam saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan mengikuti Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan melakukan simulasi evakuasi korban tenggelam pada Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan berusaha membalikkan perahu saat Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan berusaha mengangkat korban tenggelam ke atas perahu saat simulasi evakuasi korban pada Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan mengecek kondisi kesehatan korban tenggelam di atas perahu saat simulasi evakuasi korban pada Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Relawan SAR Gabungan berdoa bersama usai Pelatihan Tanggap Bencana Perairan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Foto dan Teks : Novrian Arbi

Editor : Andika Wahyu

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing