MISI KOLINLAMIL MELAWAN COVID-19

M Risyal Hidayat

Guna mencapai kekebalan komunal atau "Herd Immunity" di Indonesia, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL melakukan serbuan vaksin COVID-19 ke empat pulau di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

Kolinlamil mengerahkan tiga unsur kapal perangnya, salah satunya alutsista terbaru KRI Teluk Youtefa-522 yang baru diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Selain itu KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 juga turut mendukung program pemerintah sebagai upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Dalam menjalankan misi Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam Pandemi COVID-19 selama dua hari di Kepulauan Seribu tersebut, Kolinlamil menyiapkan 30 orang vaksinator dari Dinas Kesehatan Kolinlamil dibantu mahasiswa Politeknik Kesehatan Hang Tuah Jakarta dengan menargetkan sekitar 1.200 orang warga untuk divaksin COVID-19 dari Sinovac.

Prajurit TNI AL awak KRI Teluk Youtefa-522 menunjuk Pulau Pramuka di peta.

KRI Teluk Youtefa-522 (kiri) lego jangkar saat Operasi Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di perairan Kepulauan Seribu.

"Vaksinator ini akan terus kita gerakan untuk melaksanakan percepatan vaksinasi yang segera diprogramkan oleh pemerintah, ini diprogramkan dalam kebijakan pemerintah bahwa ini sangat membantu untuk mendukung percepatan vaksinasi secara nasional," kata Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah.

Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Junedi menyebut untuk mencapai kekebalan komunal di wilayahnya, sekitar 22 ribu warganya harus tuntas divaksinasi dalam waktu dekat. Hingga kini tercatat warganya yang sudah tervaksin sudah mencapai 18 ribu dan empat ribu sisanya diharapkan akan segera tervaksin melalui serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang telah masuk program dari pihak Kolinlamil dikarenakan bagian dari binaan potensi maritim TNI AL.

Personel Satpol PP mengajak warga Kepulauan Seribu untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di atas KRI Teluk Youtefa-522.

Warga Kepulauan Seribu berjalan menuju lokasi yang akan mengantar mereka ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Warga Kepulauan Seribu berjalan menuju lokasi yang akan mengantar mereka ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Sejumlah warga Kepulauan Seribu menaiki "Landing Craft Personel Vehicle (LCVP)" yang akan membawa mereka ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Warga Kepulauan Seribu menaiki "Landing Craft Vehicle Personel (LCVP)" yang akan membawanya ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Perahu nelayan yang membawa warga Kepulauan Seribu merapat ke haluan KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Warga Kepulauan Seribu bersiap naik ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Warga Kepulauan Seribu bersiap naik ke atas KRI Teluk Youtefa-522 untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Sejumlah warga Pulau Pramuka dan Pulau Panggang menunggu giliran untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19 di dek tank KRI Teluk Youtefa-522.

Warga Kepulauan Seribu mendapat suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di dek tank KRI Teluk Youtefa-522.

Foto dan Teks: M Risyal Hidayat

Editor: Widodo S Jusuf

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing