MALAM KESENIAN TARUNA KRI BIMA SUCI

Muhammad Adimaja

Alunan angklung terdengar di atas geladak kapal latih tiang tinggi KRI Bima Suci. Para taruna mulai menyiapkan diri berlatih kesenian sebelum tampil ke panggung sebenarnya.

Sebuah catatan kecil berupa susunan acara mulai dibaca agar mudah diingat oleh taruna yang bertugas sebagai pemandu acara atau MC. Sejumlah pemain kesenian pun mulai berlatih. Mereka menampilkan Tari Lenong dari Betawi, Tari Saman dari Aceh serta Rampak Gendang dari Jawa Barat. Tak lupa pula para taruna yang bertugas sebagai band pengiring juga turut berlatih musik di geladak tengah KRI Bima Suci.

Malam kesenian pun tiba. Pertunjukan akan segera berlangsung. Para Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-68 didampingi Perwira Koordinator Kesenian Taruna Mayor Laut (T) Harso mulai mempersiapkan diri. Para Taruna mulai berganti kostum sesuai kesenian yang akan ditampilkan. Sementara itu Taruna Wanita juga mulai merias diri menjadi sosok penari.

Taruna membaca susunan acara sebelum malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Perairan Laut Banda.

Taruna mengenakan topeng Hanoman saat akan tampil pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Musik mengalun seiring masuknya para penari Merak sebagai pembuka acara yang kemudian diikuti penampilan berbagai tarian lainnya. Hingga akhirnya musik pun berubah yang seakan membawa penonton ke sebuah sandiwara panggung Jawa yang dikenal dengan Wayang Orang. Pertunjukan kisah Ramayana menjadi penutup pada malam kesenian taruna tersebut.

Sejumlah seni dan budaya kekayaan nusantara berhasil ditampilkan dengan baik pada acara itu. Hal tersebut menunjukkan bahwa para taruna tidak hanya mahir di bidang kemiliteran tapi juga memiliki keterampilan dan kemampuan dalam bidang kesenian yang bisa menjadi sarana misi diplomasi.

Taruna menampilkan Tari Merak dan Rampak Gendang pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taruna menampilkan Tari Ramayana pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taruna menampilkan Tari Ramayana pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taruna menampilkan Tari Ramayana pada malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Tual, Maluku.

Taruna berlatih angklung sebelum tampil pada malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Perairan Laut Banda.

Taruna berlatih band sebelum tampil pada malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Perairan Laut Banda.

Taruna berlatih Tari Lenong sebelum tampil pada malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Perairan Laut Banda.

Taruna berlatih Rampak Gendang sebelum tampil pada malam kesenian di Geladak KRI Bima Suci, Perairan Laut Banda.

Suasana senja di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Perwira Koordinator Kesenian Taruna Mayor Laut (T) Harso memasangkan kostum tokoh pewayangan kepada taruna yang akan tampil pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taruna wanita dirias sebelum tampil pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taruna wanita berswafoto usai dirias jelang tampil pada malam kesenian di Hotel La Cecile, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Foto & Teks : Muhammad Adimaja

Editor : Andika Wahyu

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing