MENJAGA TRADISI MEDALI EMAS LAYAR

I Nyoman Hendra Wibowo

Bali adalah gudangnya atlet layar handal. Banyak nama-nama hebat muncul dari Pulau Dewata ini. Sebut saja Oka Sulaksana yang pernah mengharumkan Indonesia di pentas internasional. Pria kelahiran 29 April 1971 sudah mengarungi Asian Games sebanyak enam kali sejak tahun 1994 di Hiroshima hingga tahun 2010 di Guangzhou. Dua medali emas berhasil diboyong pada Asian Games 1998 dan 2002. Dia juga pernah berlaga di Olimpiade Atlanta/1996, Sydney/2000, Athena/2004 , dan Beijing/2008.

Dengan pengalaman dan segudang prestasinya itu, Oka sekarang membina dan melatih atlet-atlet muda di Sanur, Bali. Salah satunya adalah anaknya I Gusti Bagus Gopala Sulaksana dan atlet junior I Gusti Agung Danendra Hazel Devananda Kusumantara. Memasuki usianya di 50 tahun, Oka tetap berkomintmen dan berambisi mempertahankan tradisi Bali menjadi juara layar di PON.

Tahun ini, Oka akan memimpin tim layar Bali pada PON XX Papua dengan menargetkan tiga medali emas. Dia akan bertanding di nomor RSX putra sedangkan anaknya, Gopala di nomor RS One putra dan Danendra di nomor Bic Techno putra. Legenda selancar angin Indonesia ini berhasil meraih tujuh medali emas secara beruntun sejak PON XIII/1993 Jakarta hingga XIX/2016 Jawa Barat dan masih berambisi mendulang emas kedelapan.

Oka Sulaksana mempersiapkan layar menjelang melakukan latihan intensif di Pantai Duyung, Sanur.

Atlet layar Bali melakukan gerakan yoga saat latihan di Sanur.

Untuk meraih target itu, Oka bersama atlet layar Bali melakukan latihan intensif hingga berlayar ke tengah laut demi mendapat angin yang bagus dan arus air juga diperhitungkan agar manuver layar bisa maksimal. Selain melakukan latihan di Pantai Duyung, Sanur, Denpasar, tim layar Bali juga sempat melakukan latihan di Danau Batur, Kabupaten Bangli.

"Pemilihan berlatih di danau itu untuk mengantisipasi jika angin di Papua nanti kecil dan kondisi air datar sekaligus menempa fisik atlet layar Bali. Persiapan kami sudah maksimal dengan melakukan latihan enam kali seminggu," katanya.

Oka Sulaksana (kiri) memberi arahan kepada anggota timnya menjelang latihan di Pantai Duyung, Sanur.

Atlet layar mempersiapkan perangkat selancar angin menjelang latihan di Pantai Duyung, Sanur.

Gopala Sulaksana memakai krim pelindung cahaya matahari di wajahnya menjelang latihan.

Atlet layar di bawah terik matahari saat mempersiapkan papan selancarnya untuk berlatih.

Tim layar Bali adu kecepatan saat latihan secara intensif di perairan Sanur.

Oka Sulaksana melakukan lompatan saat latihan di perairan Sanur.

Oka Sulaksana menyiram air mineral ke arah tubuhnya di sela latihan.

Oka Sulaksana (kiri) memberi arahan kepada anaknya Gopala Sulaksana.

Foto dan teks : I Nyoman Hendra Wibowo

Editor : Nyoman Budhiana

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing