PESONA WISATA LOMBOK DARI KETINGGIAN

Ahmad Subaidi

Lombok adalah surga destinasi wisata. Hampir semua sudut di daerah ini menyimpan potensi alam luar biasa yang mengundang decak kagum. Di Pulau Lombok yang secara geografis jadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), terdapat lima pemerintahan administratif yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Lombok Tengah. Masing masing daerah ini memiliki destinasi wisata unggulan dan kesohor hingga ke mancanegara.

Lombok yang memiliki julukan Pulau Pedas, lebih lekat dengan jargon Pulau Seribu Masjid, karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Masjid dianggap sebagai kekuatan religi dan representasi budaya, sehingga sangat mudah menemukannya dengan radius berdekatan yang hingga 2021 jumlahnya mencapai 3.767 unit.

Berbagai objek wisata di dataran, perbukitan, pegunungan hingga pesisi terhampar di Lombok yang memiliki luas wilayah 4.739 km persegi. Dan kini bertambah lagi potensi wisata di daerah itu yakni hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Foto udara kawasan Tugu Giri Menang Square (TGMS) saat matahari terbenam di Gerung, Lombok Barat, NTB.

Foto udara suasana persawahan Desa Wisata Tetebatu di Kecamatan Sikur, Lombok Timur, NTB.

Berbagai persiapan akhir di Sirkuit Mandalika yang berjuluk Speed Land itu terus dikebut. Nantinya ajang balap motor kelas dunia yakni Superbike dan MotoGP akhirnya bisa digelar kembali di Indonesia setelah era ‘90an. Mandalika menjadi tuan rumah ajang balap prestisius tersebut. Hal tersebut menegaskan wisata Lombok merupakan perpaduan antara “sport tourism” dengan “ecotourism” yakni eksotisme alam Lombok Tengah bagian selatan.

Anugerah keindahan rupanya tidak sampai di sana saja. Terdapat gugus pulau pulau kecil bak mutiara yang mengelilingi cangkangnya Pulau Lombok, atau yang lebih familiar disebut Gili oleh warga lokal. Dari Rattan Gili, ada tiga pulau kecil yang beberapa tahun terakhir disesaki wisatawan mancanegara. Ya, itulah Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Wisatawan bisa menjelajah keindahan dunia bawah air dengan snorkeling dan diving.

Beranjak ke “mountain tourism”, Gunung Rinjani yang masuk dalam “seven summit” merupakan destinasi favorit wisatawan yang suka uji adrenalin. Dengan ketinggian mencapai 3.726 Mdpl, Rinjani yang magis juga punya keunikan dengan kaldera yang berisi danau Segara Anak dan gunung api ‘mungil’ aktif di tengahnya, berjuluk Gunung Baru Jari.

Foto udara bangunan hotel Pool Villa Club di kawasan wisata Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB.

Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

Dari sekian banyak destinasi baru di Pulau Lombok, Senggigi bisa disebut destinasi yang telah tersohor lebih awal. Pasir putih, air laut pantainya yang bening, jadi magnet wisatawan yang dominan dari mancanegara untuk bersantai sambil berjemur. Jaraknya pun relatif dekat, hanya 10 kilometer dari Kota Mataram dengan jarak tempuh sekitar satu jam saja dari Bandara Internasional Lombok.

Foto udara suasana menjelang sore Islamic Center Hubbul Wathan di Mataram, NTB

Foto udara kawasan “gerbang tembolak” gapura Mataram Metro di areal perbatasan Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat di kawasan "By pass" Bandara Internasional Lombok di Mataram, NTB.

Foto udara warga mengikuti Tradisi Bau Nyale yang merupakan tradisi turun temurun masyarakat Sasak Lombok menangkap nyale yang muncul sekali setahun di pantai selatan Lombok.

Foto udara puncak Gunung Rinjani di Lombok Timur, NTB.

Foto udara kawasan wisata Tiga Gili atau Tiga Pulau (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air) di Tanjung, Lombok Utara, NTB.

Foto udara sejumlah bangunan hotel di kawasan wisata Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB.

Foto udara destinasi wisata pantai Seger di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

Foto udara sejumlah wisatawan berada di pinggiran pantai Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

Foto udara sejumlah wisatawan bermain surfing di pantai Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB.

Foto udara kompleks salah satu hotel di Kuta Beach Park the Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB.

Foto dan Teks : Ahmad Subaidi

Editor : Andika Wahyu

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing