MERAWAT KEARIFAN LOKAL DESA WISATA KAMPUNG YOBOI

Saptono

Kekek burung dara laut dan sambarannya menyambut sejumlah pengunjung yang menggunakan perahu motor ketika akan bersandar di dermaga Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura, Papua.

Kampung Yoboi yang terletak di tepi Danau Sentani ini mempunyai daya tarik yang lengkap mulai dari keindahan alam, keragaman budaya hingga wisata edukasi dan kini menjadi salah tujuan wisata cukup terkenal di Papua.

Desa wisata ini telah memiliki dukungan infrastruktur listrik dan jaringan internet yang sangat baik. Selain masyarakatnya yang sangat ketat menjaga tradisi adat dan budaya leluhur, Kampung Yoboi juga terkenal dengan keramahan penduduknya.

Foto udara perkampungan Yoboi yang berada di pinggir Danau Sentani, Jayapura, Papua.

Burung dara laut hinggap di sekitar permukiman Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Sebagai masyarakat adat, mereka tetap menjaga kelestarian ekosistem kebun sagu yang juga dijadikan lumbung ketahanan pangan. Bahkan pengunjung diajak menikmati program 'trekking sagu' dengan menjelajahi hamparan pohon sagu yang tumbuh di hutan seluas 1.600 hektar.

Di hutan tersebut, wisatawan dapat menjumpai lebih dari 20 jenis sagu dan merupakan jenis sagu terbanyak di Indonesia. Wisatawan akan merasakan sensasi menembus lebatnya kebun sagu, melihat langsung pengolahan sagu, mencari ulat sagu, serta menikmati kuliner khas, seperti : ikan kuah hitam, sate ulat sagu, dan berbagai makanan olahan dari sagu.

Desa Wisata Kampung Yoboi ini masuk peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, sebuah ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Warga membangun perumahan mereka di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Sejumlah anak menikmati tayangan online dari telepon seluler di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

"Kampung Yoboi merupakan desa wisata yang mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik. Dengan strategi promosi yang tepat dan wisatawan nusantara sebagai sasaran utama saat ini, maka Kampung Yoboi dan desa wisata lainnya di Jayapura akan menjadi tujuan utama wisatawan," kata Menparekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Desa Wisata Kampung Yoboi.

Seorang anak berbelanja di toko di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Tiga pelajar melintas di sekitar kebun sagu di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Wisatawan berjalan di Trekking Sagu di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Warga mencari ulat sagu di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Warga memperlihatkan ulat sagu di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Seorang anak di atas perahu ketika mencari ikan menggunakan tombak di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.

Foto dan teks : Saptono

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing