MENGOLAH GULMA JADI USAHA KRIYA

Asprilla Dwi Adha

Tumbuhan eceng gondok pada umumnya dianggap tidak berguna atau menjadi gulma karena dapat merusak ekosistem perairan. Dengan sentuhan tangan kreatif Tisnawati, pemilik UMKM Isna Puring itu menjadikan tumbuhan air tersebut beragam produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Berawal dari keisengannya membuat kerajinan ini untuk dirinya sendiri dan akhirnya menarik perhatian sekitarnya. Isna pun melihat potensi eceng gondok di wilayahnya cukup banyak guna dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kerajinannya.

Dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah daerah dan pemerintah pusat utamanya Bank Indonesia produk UMKM miliknya ini mampu bertahan dimasa Pandemi COVID-19, bahkan penjualannya mengalami kenaikan sekitar 40 persen hingga 50 persen dari biasanya. Produk Isna Puring menjadi salah satu UKM binaan Bank Indonesia Kepulauan Riau yang tampil pada gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022.

Pekerja mengambil eceng gondok untuk dijadikan kerajinan di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau

Pekerja membawa tanaman eceng gondok untuk bahan kerajinan di Isna Puring, Batam.

Selain itu, Tisnawati tak segan untuk memberikan ilmu yang dimilikinya untuk maju bersama melalui pelatihan yang ia berikan kepada ibu-ibu yang ada di daerahnya. Adapun Pemerintah Kota Batam akan terus mendorong dan mendukung para UMKM dengan berbagai upaya seperti mengadakan pelatihan, pendampingan hingga memberikan wadah bagi para UMKM untuk berkembang melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu.

Bagi Isna tumbuhan eceng gondok atau ia menyebutnya berlian hijau yang menjadi bahan dasar kerajinannya itu mampu bersaing di pasar Internasional. ia pun sudah melakukan proses digitalisasi usahanya untuk mencakup para konsumen dari luar negeri. Bahkan pada tahun 2018 ia melakukan ekspor pertamanya ke Amerika Serikat.

“Alhamdullilah kita dibantu ekspor dari Dinas juga ya surat menyurat dan kebetulan kita binaan Bank Indonesia,” ujarnya.

Pekerja menjemur eceng gondok untuk dijadikan kerajinan di Isna Puring, Batam.

Perajin menyelesaikan pembuatan kerajinan dari eceng gondok di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau

Program digitalisasi UMKM ini sejalan dengan langkah pemerintah melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang mendorong pelaku UMKM bergabung ke ekosistem digital serta mengembangkan produk-produk UMKM agar dapat bersaing di pasar global.

Perajin menyelesaikan pembuatan kerajinan dari eceng gondok di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau

Perajin menyelesaikan pembuatan kerajinan dari eceng gondok di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau

Hasil kerajinan dari eceng gondok di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau.

Tisnawati menata kerajinan dari eceng gondok miliknya di Isna Puring, Batam, Kepulauan Riau

Tisnawati menunjukkan produknya yang di market place di Isna Puring, Batam.

Teks dan foto : Asprilla Dwi Adha

Editor : Fanny Octavianus

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing