Ngopi Curhat bersama Pak Bhabin

Harviyan Perdana Putra

“Saya mau kopinya pak. Kulo nggih purun pak, kopi.” (saya juga mau pak, kopi)

“Wonten malih ingkang kerso kopi?” (ada lagi yang mau kopi?)

“Kulo damelke kopi sedanten nggih, sekedap.” (saya buatkan kopi semua ya, sebentar)

Bripka Hartono menggunakaan kendaraan dinas menuju tempat lokasi Ngucur Pak.

Bripka Hartono mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan untuk minuman kopi sebelum menjalankan program Ngucur Pak.

Begitulah sepotong perbincangan yang terdengar saat Bripka Hartono bertemu warga pada Minggu pagi di sekitaran perumahan warga di Lebo, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dengan motor dinasnya yang telah dimodifikasi layaknya gerobak penjual kopi, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Batang Kota itu mulai menyeduh kopi dan membagikannya kepada warga.

Apa yang dilakukan Bripka Hartono itu merupakan salah satu upaya polisi mendengarkan aspirasi dari bawah. Program yang diberi nama “Ngucur Pak” atau Ngopi Curhat bersama Pak Bhabin ini dimulai sejak 1 Juli 2023 dalam rangka membina keharmonisan polisi bersama warga sekaligus menyerap informasi dan keluhan masyarakat.

Ngucur Pak menyambangi berbagai kegiatan warga, mulai dari kerja bakti akhir pekan, pos kamling, tempat nongkrong anak muda, acara-acara komunitas hingga tempat mangkal pengemudi ojek online.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono bersiap mengangkat gerobak kopi sebelum berangkat menjalankan program Ngucur Pak.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono menyeduh kopi untuk warga saat Ngucur Pak di perumahan warga Lebo, Kabupaten Batang.

Berbagai macam curhatan warga ditampung oleh Bripka Hartono. Mulai aduan lampu penerangan jalan umum (PJU), traffic light yang padam, pengawasan premanisme di jalanan, hingga keluh kesah pengemudi ojek online. Bripka Hartono pun terbuka dan dengan sabar mendengarkan berbagai keluhan satu per satu.

Gerobak kopi yang berwarna senada dengan kendaraan dinas motor Bhabinkamtibmas itu sengaja ditempel gambar foto Bripka Hartono dan nomor telepon.  "Dari nomor telepon yang saya tampilkan di gerobak, masyarakat jadi mencatat untuk kebutuhan pribadi mereka. Dari situlah saya mendapatkan informasi giat warga yang dapat saya sambangi dan juga mendengarkan berbagai aduan," kata Hartono.

Program Ngucur Pak ini diadakan secara berkala dan terus menerus agar tercipta suasana yang aman dan nyaman serta kondusif bagi warga. Curhat bareng ini sejalan dengan peran polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono (tengah) bersama rekannya Aipda Dadan (kanan) menyajikan minuman kopi ke warga di sela-sela keja bakti bersih-bersih lingkungan.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono (kanan) menyiapkan minuman kopi untuk warga saat Ngucur Pak di perumahan warga di Cepokokuning, Batang.

Bripka Hartono (kedua kanan) bersama rekannya Aipda Dadan (kanan) mendengar curhat warga.

Kapolsek Batang Kota AKP Sapto Winengku (kiri) bersama Bripka Hartono (kanan) berbincang dengan pengurus takmir saat Jumat Curhat di Masjid At-Taqwa, Lebo, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono mengikuti upacara Mapolsek Batang Kota.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono menyerahkan berkas surat ke warga di Mapolsek Batang Kota.

Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Hartono mengerjakan tugas berkas kepolisian di Mapolsek Batang Kota.

Foto dan teks : Harviyan Perdana Putra

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing