Layanan pajak lewat Samsat Dugi Kelurahan

Didik Suhartono

Sebuah terobosan baru dalam pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang lebih dikenal dengan Samsat diluncurkan di Surabaya. Terobosan itu intinya berupa program mendekatkan petugas Samsat dengan masyarakat sehingga para pemilik kendaraan bermotor lebih mudah dalam mengurus pajak kendaraannya.

Ditlantas Polda Jawa Timur dan Tim Pembina Samsat Jawa Timur pada Selasa (4/6/2024) di Kantor Samsat Surabaya Utara, resmi meluncurkan program tersebut dengan nama Samsat Dugi Kelurahan atau Samsat Dulur.

Peluncuran program yang berkenaan dengan peringatan ke-78 Hari Bhayangkara itu diharapkan dapat menurunkan nilai tunggakan pajak kendaraan bermotor sehingga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pemerintah khususnya Kepolisan Republik Indonesia (Polri) dalam layanan pajak kendaraan bermotor.

Polisi dan petugas pajak mengendarai sepeda motor operasional Samsat Dulur menuju Kantor Kelurahan Ketabang.

Polisi berisap membuka layanan Samsat Dulur setibanya di Kantor Kelurahan Ketabang.

Kantor Samsat Surabaya Utara menjadi yang pertama menjalankan program percontohan ini dan mengawalinya dengan menyasar kawasan-kawasan pemukiman padat penduduk dengan tunggakan pajak kendaraan bermotor yang tinggi.

Program yang mengadopsi sistem 'jemput bola' itu melibatkan seorang petugas dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur dan seorang anggota Polri secara terjadwal membuka pelayanan Samsat di kantor-kantor kelurahan secara bergantian sesuai jadwalnya di wilayah Samsat Surabaya Utara. 

Para petugas itu juga dilengkapi dengan dua unit sepeda motor khusus Samsat Dulur beserta peralatan pendukungnya seperti alat cetak (printer), komputer jinjing (laptop), blangko pembayaran pajak kendaraan bermotor, jaket khusus dan helm berstiker Samsat Dulur Dugi Kelurahan Surabaya Utara. 

Polisi dan petugas pajak menyiapkan peralatan sebelum melayani Samsat Dulur di Kantor Kelurahan Simolawang.

Petugas pajak mengeluarkan printer dari boks khusus di sepeda motor Samsat Dulur setibanya di Kantor Kelurahan Simolawang.

Pelayanannya telah ditentukan jadwalnya bergiliran di lima kelurahaan dan buka setiap hari Senin sampai Kamis pada jam 09.00 WIB hingga jam 12.00 WIB dan khusus pada hari Jumat beroperasi mulai jam 09.00 WIB hingga jam 11.00 WIB, dan tidak beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. 

Lima kelurahan yang menjadi sasaran Samsat Dugi adalah Kelurahan Tanah Kalikedinding, Kelurahan Ampel, Kelurahan Ketabang, Kelurahan Simolawang dan Kelurahan Sidotopo.

Ke depan, lokasi pelayanan Samsat Dulur tidak menutup kemungkinan juga akan dibuka di tempat-tempat lain seperti di kawasan digelarnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day), pasar malam, kawasan industri dan tempat lainnya jika dinilai berjalan efektif.

Polisi melayani warga yang membayar pajak kendaraan bermotor melalui layanan Samsat Dulur di Kantor Kelurahan Simolawang.

Polisi melayani warga yang membayar pajak kendaraan bermotor melalui layanan Samsat Dulur di Kantor Kelurahan Ketabang.

 

Polisi melayani warga yang membayar pajak kendaraan bermotor melalui layanan Samsat Dulur di Kantor Kelurahan Tanah Kalikedinding.

Polisi memeriksa tanda bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor sebelum diserahkan kepada warga di Kantor Kelurahan Ketabang.

Foto dan teks: Didik Suhartono

Editor : Nyoman Budhiana

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing